" MENCERDASKAN BANGSA MELALUI SEKOLAH MENENGAH LAYANAN KHUSUS ( SMLK ) PASUNDAN 2 CIANJUR"

Pembelajaran




Proses Pembelajaran

Proses pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan belajar mandiri yang menggunakan buku matapelajaran SMA yang dilengkapi dengan suplemen belajar mandiri, media digital yang disampaikan melalui sistem online, dan layanan bimbingan belajar (tutorial) tatap muka.

Tutorial

Tutorial adalah suatu proses layanan bimbingan belajar dari guru SMLKkepada siswa, baik secara perorangan maupun kelompok, dan baik secara tatap muka maupun secara online dengan memanfaatkan internet

 

Model Tutorial 

Model tutorial yang dipilih adalah, Dominan Tatap Muka (DONTAMU), yaitu pola 80:20, yaitu 80% tatap muka yang sepenuhnya dilaksanakan secara tatap muka di TKB dan 20% online.

 

Bahan Ajar SMLK Pasundan 2 Cianjur
1.    Buku mata pelajaran SMA berbasis Kurikulum 2006
2.    Suplemen Belajar Mandiri (modul) yang ditulis oleh Guru SMA Pasundan 2 yang ditunjuk
3.    Media yang mendukung pembahasan materi pelajaran untuk belajar secara individual maupun online

Kegiatan Tutorial
1.    Tugas Sekolah Induk Dalam Tutorial
a.    Menyusun jadwal kegiatan tutorial tatap muka dan online.
b.    Mengkomunikasikan pelaksanaan (tempat dan jadwal) tutorial kepada guru SMA Terbuka, siswa, dan pihak terkait
c.    Bekerja sama dengan pengelola pokjar dalam:
·      penyediaan fasilitas tutorial (praktek dan praktikum), tempat, ATK, dan perlengkapan tutorial,
·      menangani administrasi kehadiran siswa dan guru SMLK
d.   Menjaga keberlangsungan pelaksanaan kegiatan tutorial/bimbingan, termasuk mengganti tutor yang tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik.
e.    Melakukan penyelesaian administrasi keuangan. 6. Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan tutorial/ bimbingan Pengelola SMLKdi SMA Induk
 

2. Tugas Pengelola TKB Dalam Tutorial
a.    Pengelola TKB menyusun jadwal kegiatan bimbingan belajar mandiri di TKB dan monitoring kegiatan belajar mandiri siswa yang harus dilakukan oleh tutor TKB.
b.    Menyediakan fasilitas belajar, seperti tempat, ATK, dan sebagainya;
c.    Menangani administrasi kehadiran siswa dan tutor
d. Menjaga keberlangsungan proses pelaksanaan kegiatan tutorial/bimbingan, termasuk mengusulkan kepada SMA induk tentang penggantian tutor yang tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik;
e.   Membuat laporan pelaksanaan pembelajaran di TKB yang bersangkutan, termasuk laporan keuangan, yang ditujukan kepada SMA induk. Pengelola Tempat Kegiatan Belajar (TKB)

3 .Tugas Guru Dalam Totorial
a.  Mempelajari pedoman tutorial, materi pelajaran dan suplemen belajar mandiri, serta media atau bahan penunjang lainnya.
b. Membuat Rencana Program Tutorial Semester (RPTS) dan Rencana Pelaksanaan Tutorial (RPT).
c.    Membuat bahan tutorial tatap muka dan tutorial on-line.
d.   Melaksanakan tutorial sesuai dengan RPTS dan RPT yang telah disiapkan.
e.    Membantu siswa mengatasi permasalahan yang ada.
f.     Memberikan tugas tutorial pada siswa sesuai dengan RPTS dan RPT.
g.    Memberikan bimbingan praktik dan praktikum.
h.    Menilai tes, dan tugas tutorial on-line.
i.   Mengadministrasikan nilai tes, tugas tutorial on-line Peran Guru SMLKdalam Kegiatan  


  Tutorial Siswa
4. Tugas Siswa Dalam Tutorial
a.    Mempelajari Pedoman Tutorial.
b.    Mempelajari buku materi pelajaran, suplemen belajar mandiri, dan media digital/online
c.    Mengidentifikasi kesulitan yang ditemukan
d.   Membahas masalah yang ditemukan bersama teman dan tutor
e.    Mengerjakan tugas mandiri, tugas tutorial, dan menilai tugas/latihan melalui asesmen mandiri
f.     Melaksanakan praktik dan praktikumr dan Ujian Nasional
g.    Mengikuti Ujian Akhir Semest dalam Kegiatan Tutorial

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar