Proses Pembelajaran
Proses
pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan belajar mandiri yang menggunakan
buku matapelajaran SMA yang dilengkapi dengan suplemen belajar mandiri, media
digital yang disampaikan melalui sistem online, dan layanan bimbingan belajar
(tutorial) tatap muka.
Tutorial
Tutorial adalah suatu proses layanan bimbingan belajar dari guru SMLKkepada siswa, baik secara perorangan maupun kelompok, dan baik secara tatap muka maupun secara online dengan memanfaatkan internet
Model Tutorial
Model tutorial yang dipilih adalah, Dominan Tatap Muka (DONTAMU), yaitu pola 80:20, yaitu 80% tatap muka yang sepenuhnya dilaksanakan secara tatap muka di TKB dan 20% online.
Bahan Ajar SMLK
Pasundan 2 Cianjur
1. Buku mata pelajaran SMA berbasis
Kurikulum 2006
2. Suplemen Belajar Mandiri (modul) yang
ditulis oleh Guru SMA Pasundan 2 yang ditunjuk
3. Media yang mendukung pembahasan materi
pelajaran untuk belajar secara individual maupun online
Kegiatan Tutorial
1. Tugas Sekolah Induk Dalam Tutorial
a. Menyusun jadwal kegiatan tutorial tatap
muka dan online.
b. Mengkomunikasikan pelaksanaan (tempat
dan jadwal) tutorial kepada guru SMA Terbuka, siswa, dan pihak terkait
c. Bekerja sama dengan pengelola pokjar
dalam:
· penyediaan fasilitas tutorial (praktek
dan praktikum), tempat, ATK, dan perlengkapan tutorial,
· menangani administrasi kehadiran siswa
dan guru SMLK
d. Menjaga keberlangsungan pelaksanaan
kegiatan tutorial/bimbingan, termasuk mengganti tutor yang tidak dapat
menjalankan tugasnya dengan baik.
e. Melakukan penyelesaian administrasi
keuangan. 6. Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan tutorial/ bimbingan
Pengelola SMLKdi SMA Induk
2.
Tugas Pengelola TKB Dalam Tutorial
a. Pengelola TKB menyusun jadwal kegiatan
bimbingan belajar mandiri di TKB dan monitoring kegiatan belajar mandiri siswa
yang harus dilakukan oleh tutor TKB.
b. Menyediakan fasilitas belajar, seperti
tempat, ATK, dan sebagainya;
c. Menangani administrasi kehadiran siswa
dan tutor
d. Menjaga keberlangsungan proses
pelaksanaan kegiatan tutorial/bimbingan, termasuk mengusulkan kepada SMA induk
tentang penggantian tutor yang tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik;
e. Membuat laporan pelaksanaan pembelajaran
di TKB yang bersangkutan, termasuk laporan keuangan, yang ditujukan kepada SMA
induk. Pengelola Tempat Kegiatan Belajar (TKB)
3 .Tugas
Guru Dalam Totorial
a. Mempelajari pedoman tutorial, materi
pelajaran dan suplemen belajar mandiri, serta media atau bahan penunjang
lainnya.
b. Membuat Rencana Program Tutorial
Semester (RPTS) dan Rencana Pelaksanaan Tutorial (RPT).
c. Membuat bahan tutorial tatap muka dan
tutorial on-line.
d. Melaksanakan tutorial sesuai dengan RPTS
dan RPT yang telah disiapkan.
e. Membantu siswa mengatasi permasalahan
yang ada.
f. Memberikan tugas tutorial pada siswa sesuai
dengan RPTS dan RPT.
g. Memberikan bimbingan praktik dan
praktikum.
h. Menilai tes, dan tugas tutorial on-line.
i. Mengadministrasikan nilai tes,
tugas tutorial on-line Peran Guru SMLKdalam Kegiatan
Tutorial Siswa
4. Tugas
Siswa Dalam Tutorial
a. Mempelajari Pedoman Tutorial.
b. Mempelajari buku materi pelajaran,
suplemen belajar mandiri, dan media digital/online
c. Mengidentifikasi kesulitan yang
ditemukan
d. Membahas masalah yang ditemukan bersama
teman dan tutor
e. Mengerjakan tugas mandiri, tugas
tutorial, dan menilai tugas/latihan melalui asesmen mandiri
f. Melaksanakan praktik dan praktikumr dan
Ujian Nasional
g. Mengikuti Ujian Akhir Semest dalam
Kegiatan Tutorial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar